Tips Menghadapi Mabuk Kendaraan


Pelesiran bersama keluarga adalah yang diharapkan banyak orang. Tidak terkecuali saya. Sebagai Korlap Komunitas, saya dan istri kadang diajak untuk menghadiri kegiatan komunitas kota lain. Baik itu sharing ilmu ataupun kegiatan sosial. Kalau harus keluar kota, saya lebih sering menngendarai motor. Kalau agenda keluar kota sudah padat, efeknya motor jadi harus sering dicek ke bengkel.


Herbadrink


Kemarin waktu di bengkel, montirnya bilang kalau ada beberapa parts yang harus diganti lantaran sudah aus. Memang kalau sudah sering keluar kota harus sering cek kondisi motor juga.
Saya termasuk orang yang jarang banget keluar kota pakai mobil. Kalau enggak naik motor ya pakai pilihan ke dua, naik kereta api. Selain lebih hemat, naik kereta api lebih aman buat saya. Wajar saja saya mudah mabuk kendaraan kalau naik mobil. Dulu, waktu masih kecil,kalau naik mobil 1 kilometer saja sudah mual.
Alhamdulillah setelah dewasa mulai mendingan. Meskipun begitu. beberapa waktu, masih bisa kambuh. Terakhir mabuk kendaraan kemarin. Perjalanan 7 jam naik mobil rasanya luar biasa. Karena jaraknya jauh, muntah pun tak terhindari saat sudah hampir sampai.
Buat saya, mabok kendaraan itu bikin gak nyaman dan bisa jadi mempengaruhi mut. Kalau ada agenda perjalanan menggunakan mobil biasanya saya perlu menyiapkan beberapa hal sebelum berangkat.
1. Jaga kondisi tubuh tetap fit. Ini yang utama. Untuk yang punya riwayat mabuk kendaraan ini penting. Alhamdulillah berhubung setelah sering naik mobil, mabuk kendaraan hanya terjadi kalau kondisi badan kurang baik saja. Seperti kemarin, itu terjadi karena saya telat sarapan. Dan kondisi perut kosong mengakibatkan efek yang tidak mengenakkan tersebut.
2. Rileks. Santai itu perlu, terutama buat yang sering mabuk saat naik mobil. Tips dari saya, kalau mau bepergian, gak usah dibayangin seperti apa didalam mobil, sebab malah bisa bikin tambah mual. Dibuat santai saja, Insya Allah sedikit  membantu. 
3. Minum obat. Obat anti mabuk bisa menjadi solusi kalau kita termasuk yang berat kalau mabuk kendaraan. Selain obat anti mabuk, saya biasanya membawa minyak angin saat bepergian. Kalau mual sudah mulai berasa, saya oleskan di area perut, leher dan tenggorokan,
Itu beberapa hal yang biasanya saya lakukan saat memang harus naik mobil. Dan tau gak sih? Saat saya menuliskan ini pun, suasana didalam mobil kembali terbayang, dan perut ini masih belum bisa diajak kompromi. Kalau seperti ini biasanya saya minta dikerokin atau meminum minuman herbal. Entah itu jamu atau wedang jahe.




Untungnya saya termasuk yang gemar minum wedang jahe. Syukurlah cukup minuman ini bisa membantu menjaga kondisi tubuh saya agar delalu fit. Namun karena seringnya mondar mandir keluar kota. Membuat saya jarang sekali mampir ke warung jamu untuk minta dibuatkan wedang jahe. Untungnya kemarin saat sedang pergi ke Apotek, saya melihat Herbadrink Sari Jahe. Jadi saya bisa membawanya kemana saja dan kapan saja, kalau pas pengen buat dirumah tinggal seduh dengan air hangat langsung jadi dan siap diminum. Dan kemarin ada beberapa variant yang terpajang disana. Ada Sari jahe, sari Temulawak, dan lidah buaya. Harga Herbadrink ini juga lumayan terjangkau.
Buat Anda yang mabuk saat bepergian, Anda bisa mencoba dengan bepergian dengan mobil minibus  dengan perjalanan jarak dekat. Ini bisa melatih kondisi tubuh kita dalam beradaptasi dengan kondisi yang ada saat didalam mobil.
Semoga Anda juga bisa bangkit dari yang namanya mabuk kendaraan. Saya berhasil setidaknya untuk jarak jauh seharian. Untuk jalur ekstrim, mungkin harus mencoba beradaptasi lagi. Kalau Anda bagaimana, mabuk kendaraan juga kah? Atau ada pengalaman menarik lain?

Posting Komentar