Flash Blogging 4 Tahun Indonesia Kreatif


4 Tahun bukan waktu yang pendek ya. Dalam 4 tahun ini apa sih yang sudah kamu perbuat untuk Indonesia. Atau jangan ngomongin Indonesia dulu deh. Apa sih yang sudah anda perbuat untuk anda sendiri? Boleh ya di tulis di kolom komentar.

Flash Blogging 4 Tahun Indonesia Kreatif



Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita soal apa saja yang sudah dicapai oleh Pemerintah saat ini seperti yang sudah disampaikan di kegiatan Flash Blogging di Semarang. Hari ini saya mengikuti kegiatan Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Kominfo. Kegiatan ini dihadiri oleh banyak instansi salah satinya blogger yang berperan sebagai media informasi.

Sebagai blogger, kita boleh bebas mengutarakan pendapat, namun harus tetap pada kaidah kaidah penulisan yang benar. Tidak menyampaikan berita hoax serta tertatur dalam menggunakan tanda baca. Menjadi blogger merupakan konten kreator karena seorang blogger dituntut untuk bisa menyampaikan tulisannya agar menarik untuk terus dibaca oleh pembacanya.




Acara Flash blogging kali ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjut dengan materi pertama  yang disamaikan oleh ibu Rosalita Niken Widiastuti yang merupakan Dirjen IKP Kemenkominfo. Beliau menyampaikan kalau Pemerataan pembangunan itu perlu. Dengan adanya peluang kerja di desa desa, Masyarakat di desa enggak perlu untuk ke Kota mencari pekerjaan. Harapannya dengan membuka lapangan pekerjaan di desa, perkonomian masyarakat desa juga bisa meningkat.  Dengan pembangunan, tentunya bisa mendorong masyarakat desa untuk berkarya di desa masing masing.

Kalau di Kota mungkin lebih tinggi penghasilanya namun tidak dipungkiri, namun selain penghasilan juga harus dierhatikn untuk mempersiapkan kebutuhan lainnya juga seperti tempat tinggal dan biaya hidup yang tinggi pula. Pembangunan yang dilakukan pemerintah Kalau yang sudah dilaksanakan adalah  semua desa pembangunnannya disamakan, tetapi untuk kedepan lebih berorientasi kepada peningkatan SDM.



Hal lainnya soal hasil kerja Pemerintah adalah persamaan harga BBM satu harga. Demikian yang disampaikan oleh ibu R Niken Widiastuti. Beliau menjelaskan kalau tugas Kominfo adalah sebagai Government Public Relation. Siapapun pemerintahnya. KOMINFO wajib menyampaikannya kepada masyarakat apa saja yang sudah dicapai oleh Pemerintah.

Nawacita adalah agenda prioritas dari Pemerintah Jokowi-JK, membangun Indonesia dari pinggiran salah satunya. Ini dari Program Nawa Cita tersebut intisarinya adalah:

1.       Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
2.       Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan lembaga perwakilan.
3.       Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
4.       Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.
5.       Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program "Indonesia Pintar"; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.
6.       Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.
7.       Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
8.       Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
9.       Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga.



Jalur kereta api di luar jawa contohnya. Selain itu, juga jalan ton dan jalan yang ada diluar jawa seperti Trans Papua dan lain sebaginya. Memang jangka waktunya tidak secara langsung terlihat. Namun diharapkan anak cucu kita bisa menikmatinya.

Di Dunia Cyber, KOMINFO membangun Palapa Ring diharapkan tahun 2020 seluruh Indonesia bisa terkoneksi dengan internet. Tujuannya agar UMKM ini bisa memasarkan produknya melalui internet.

Kominfo memberikan pelatihan pelatihan bagaimana memasarkan produk-produk teman UKM melalui internet. Kominfo membina Start Up. dan dorong melakukan pelatihan seperti Hackathon dan sebagainya. Harapannya nanti bisa dipertemukan Para Start Up dengan para Pemodal sehingga nanti para Start Up ini bisa menjadi besar seperti Gojek, Bukalapak dan Tokopedia. Dari Gojek Pak Nadim mungkin tidak memiliki taksi dan armada. Namun dia melakukan technologi Sharing.

Banyak hal hal yang dalam beberapa tahun ini yang luar biasa sekali. Masyarakat Indonesia membangun ekonomi masyarakat dengan adanya digitalisasi. Dan tugas dari Kominfo adalah mendorong anak muda untuk bisa meraih beasiswa. Dan benar-benar memanfaatkan kesempatan ini.

Dalam bisang informasi, Kominfo mempunyai peran untuk memberantas hoax. Hoax amat berbahaya sekali. Karena itu, Kominfo melakukan berbagai cara agar bagaimana pemerintah bekerja sama dengan semua pihak untuk menjaga dunia maya kita semakin kondusif. Karena dengan hoax bisa memicu saling curiga, saling benci, daan bisa menimbulkan hal-hal negatif lainnya.

Mari jaga kondisi agar Indonesia menjadi aman dan tertib. Karena itu, kita membaca apapun harus cek dan ricek. Apakah benar atau tidak berita yang kita dengar. Dalam keterkaitannya dengan pemberitaan hoax, Tugas Komifo disini adalah melakukan pembtasan akses, memblokir berita hoax dan akun negatif.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh bapak Andoko Dhatra, staf khusus Presiden. Beliau melakukan satu studi, kalau anak muda dibagi menjadi beberapa kategori :
1. KREATOR
2. PEDULI
3. ORANG BIASA
4. PAHLAWAN
5. CENDEKIAWAN
6. EXPLORER

Jadi, kamu ingin jadi apa?

Posting Komentar