Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Kurma


Ramadhan hari pertama sering kali menjadi momen spesial untuk umat muslim pada ummnya. Karena di hari itu adalah pertama kalinya perut menahan lapar dahaga. Selain itu Saat berpuasa juga harus menahan hawa nafsu. Tak sedikit orang yang ingin melakukan hal yang spesial saat berbuka puasa.

Keutamaan berbuka puasa dengan kurma





Kurma adalah makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa oleh rasullulah saw. Ada banyak manfaat yang terkandung didalam kurma ini, salah satunya adalah menajamkan pandangan mata dan menguatkan badan. Jadi kalau memang ada kurma, lebih baik kita berbuka dengannya.

Ada hadits yang menyatakan bahwa berbuka dengan kurma basah (ruthob) lebih utama, lalu kurma kering (tamr), kemudian jika tidak ada, berbuka puasalah dengan seteguk air. Dari Anas bin Malikradhiyallahu ‘anhu, ia berkata

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).


Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Kurma


Di Indonesia, Banyak sekali jenis krma yang diperjual belikan. Jika memasuki bulan Ramadhan, tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Tempat yang sering dijaikan untuk beburu kurma adalah kampung arab. Disana biasanya warga masyarakat banyak yang menjajakan kurma dari berbagai macam varian.

Di jaman sekarang ini banyak sekali orang yang menjajakan menu  untuk berbuka puasa selain kurma. Ada kolak, bubur kacang hijau, bijih salak, bubur sumsum dan masih banyak lagi. Tidak ada salahnya kita mencicipi mennu berbuka tersebut, namun jangan sampai berlebihan.

Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Kurma


Jadi siapkan menu berbuka secukupnya dan perbanyak ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Kalau kamu, biasanya apa sih yang dipersiapkan untuk berbuka puasa?

Posting Komentar