Tips Belajar Menjahit Untuk Pemula Dari Dasar Part 1

Pengenalan Mesin Jahit

 

Bagaimana sih cara menjahit? Beberapa dari kita mungkin ada yang sudah mahir, beberapa lainnya ada yang masih belajar agar bisa mengoperasikan mesin jahir tan bisa menghasilkan jahitan rapi. Disini saya akan sharing bagaimana agar kita bisa menguasai mesin jahit

 

Tips Belajar Menjahit Untuk Pemula Dari Dasar part 1



Kalau Untuk alat jahit pada umumnya sudah mengetahui. Dalam belajar mengoperasikan mesin jahit  ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. yaitu kepala roda dan Pedal mesin atau pijakan. Untuk bisa menjalankan mesin jahit dengan baik. Anda perlu menguasai keduanya. 

 

Cara ini bisa dilakukan baik menggunakan mesin jahit besar (listrik) maupun mesin jahit kecil (jadul). Akan saya buat beberapa tahap agar bisa dipelajari dengan mudah.

 

Tahap 1 Pengenalan Mesin Cara Mengerem

 

Pengenalan mesin di sini lebih kepada cara menjalankan mesin jahit. Pertama kali mencoba menjahit yang saya alami adalah susah untuk menghentikan langkah mesin jahit sehingga jahitan terlewat hingga benang putus. Untuk itu kita harus belajar cara berhenti di garis yang tepat. Berikut ini contoh pembelajaran bagaimana anda berhenti di posisi yang pas.

 

Tips Belajar Menjahit Untuk Pemula Dari Dasar part 1



  1. Pada mesin besar, cara mengerem adalah dengan menekan telapak kaki di bagian belakang dan mengangkat telapak kaki bagian depan. Untuk mesin jahit hitam (kecil/jadul) anda bisa menghentikan laju mesin dengan menghentikan kayuhan kaki dan memegang roda kepala mesin dengan tangan. Namun harap hati-hati agar tangan tidak terluka. Jika anda sudah terbiasa, anda akan bisa mengatur irama ritme menghentikan putaran roda.
  2. Coba terlebih dahulu langkah pertama sebelum menyalakan mesin jahit.
  3. Ambil kain yang cukup panjang sebagai media belajar
  4. Nyalakan Mesin dan injak pedal ke depan sedikit demi sedikit
  5. Setelah jahitan berjalan, lakukan pengereman seperti pada langkah 1
  6. Ulangi cara tersebut hingga anda bisa berhenti di tempat yang seharusnya.
  7. ​Sebaiknya tidak melebihi titik henti, berhenti sebelum titik henti lebih baik, sehingga anda bisa menambah kekurangannya dengan memutar kepala roda.
  8. Ulangi tahapan di atas hingga anda bisa mahir menjahit.

 

Demikian tahap awal cara menjahit. Sata akan sambung dengan tahap an berikutnya hingga anda bisa menguasai bagaimana cara menjahit sendiri di rumah menggunakan mesin besar. Berikutnya akan saya bagikan tahapan selanjutnya dalam belajar menjahit di rumah.

1 komentar

  1. wuaaa sangat bermanfaat sekali buat aku yang nggak bisa jahit ini kak, semoga rutin di update ya. Mau belajar juga nih.

    BalasHapus